oleh

Waduh! Harga TBS Tingkat Petani di Seluma Rp 500/Kg

RbtvCamkoha – Harga TBS kelapa sawit di Kabupaten Seluma terjun bebas. Dari pengakuan para petani, harga TBS kelapa sawit kini sudah tidak sebanding dengan biaya perawatan dan operasionalnya, yang sudah anjlok jauh di bawah Rp. 1.000/kg.

Hal ini diungkapkan salah seorang petani kelapa sawit, Mawan (45) warga Kelurahan Dusun Baru Kecamatan Seluma yang kecewa dengan harga TBS kelapa sawit saat ini yang hanya dihargai Rp 500,- perkilogramnya.

Mau tidak mau, para petani terpaksa memanen kelapa sawitnya ditengah anjloknya harga TBS saat ini, daripada dibiarkan membusuk karena dapat merusak tanaman.

“Harganya udah tidak sesuai lagi dengan biaya perawatan mas, mana pupuk mahal, biaya operasional juga tinggi, masa kini anjlok jauh tinggal terima bersih Rp 500 per kilogramnya,” ujar Mawan.

Sementara itu, di tingkat pabrik CPO harga TBS kelapa sawit kini rata-rata hanya berkisar Rp 1.100/kg dengan sejumlah alasan klasik dalam penetapan harganya yang tidak sesuai dengan surat edaran Gubernur Bengkulu.

SAKSIKAN SELENGKAPNYA DI LAPORAN DAERAH RBTV

(Hari Adiyono)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed