oleh

Vaksinasi Covid-19, BINDA Bengkulu Jangkau Daerah 4T

RbtvCamkoha – Salah satu faktor dari rendahnya capaian vaksinasi di suatu wilayah adalah terbatasnya akses masyarakat untuk menjangkau fasilitas kesehatan yang menyediakan layanan vaksinasi. Seperti yang dialami oleh warga Desa Sungai Lisai, Kecamatan Pinang Belapis, Kabupaten Lebong, yang memiliki jarak menuju Puskesmas Ketenong sejauh kurang lebih 12 Km melewati jalan tanah menyusuri kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS).

Kondisi ini mendorong Tim Vaksinasi Binda Bengkulu bersama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Lebong untuk melaksanakan vaksinasi massal di Balai Desa Sungai Lisai.

“Lokasi Desa Sungai Lisai seperti yang kita ketahui merupakan daerah yang termasuk dalam kategori 4T (Terluar, Terdalam, Terpencil, Terjauh), dimana lokasi tersebut berada di kawasan TNKS dan berbatasan langsung dengan Provinsi Jambi. Sementara itu akses jalan yang tersedia baru bisa dilewati oleh kendaraan roda dua dengan waktu tempuh sekitar 5 sampai 6 jam dari Kota Muara Aman Lebong. Namun hal ini tidak menyurutkan semangat Tim Vaksinasi Binda Bengkulu dan Dinas Kesehatan Lebong untuk menggelar vaksinasi disana mengingat warga Desa Sungai Lisai juga harus sehat dan terbebas dari Covid-19 melalui vaksinasi,” jelas Kabinda Bengkulu, Zulkarnain S,E.,M.Si.

Kabinda Bengkulu juga mengatakan kegiatan vaksinasi di daerah 4T dilaksanakan dalam rangka optimalisasi capaian vaksinasi secara keseluruhan.

“Binda bersama dengan Dinas Kesehatan terus mengoptimalkan capaian vaksinasi dengan menggelar vaksinasi secara terpusat maupun door to door hingga daerah 4T. Hal ini ditujukan untuk mendorong terwujudnya herd immunity masyarakat ditengah peningkatan kasus positif Covid-19,” ujar Kabinda.

Sementara itu, salah seorang warga Desa Sungai Lisai, Aziz mengatakan pihaknya berterimakasih kepada Binda Bengkulu dan Dinas Kesehatan yang telah mendatangi Desa Sungai Lisai untuk melaksanakan vaksinasi.

“Saya secara pribadi maupun mewakili warga Desa Sungai Lisai, mengucapkan terimakasih kepada Binda dan Dinkes Lebong yang telah rela jauh-jauh mendatangi rumah kami yang lokasinya berdekatan dengan perbatasan Provinsi Jambi, terlebih akses jalan menuju Desa ini juga cukup sulit. Semoga vaksinasi ini menjadikan warga Desa Sungai Lisai sehat dan bebas dari Covid-19,” tambahnya.

Selain dilaksanakan di Desa Sungai Lisai, Vaksinasi Binda Bengkulu juga dilaksanakan secara serentak di seluruh Kabupaten Kota se-Prov. Bengkulu.

Tim Publikasi Panitia Vaksinasi Binda Bengkulu

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed