oleh

Final, 183 Kades Terpilih Dilantik Jumat Ini

RbtvCamkoha – Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) tingkat Kabupaten Bengkulu Utara, memutuskan untuk tetap melakukan pelantikan terhadap 183 Kepala Desa terpilih pada Jumat 29 Juli nanti, di halaman kantor Pemkab Bengkulu Utara.

Hal ini ditegaskan oleh Asisten I Pemkab Bengkulu Utara Dullah, SE, setelah melakukan evaluasi terhadap 11 Desa yang bersengketa, atas rekomendasi dari Komisi I DPRD Bengkulu Utara, pada saat pelaksanaan rapat kerja hearing yang dilaksanakan pada Senin (25/07) lalu.

“Berdasarkan keputusan bersama panitia, tetap sesuai dengan schedule. Kita lantik,” kata Dullah.

Dullah mengklaim, bahwa semua proses dan tahapan Pilkades dilaksanakan oleh PPKD dari tingkat Kabupaten hingga tingkat Desa, telah sesuai dengan aturan yang ada di dalam Peraturan Bupati Nomor 5 Tahun 2022, tentang Pilkades.

Dullah juga mengatakan, bahwa penundaan pelantikan yang direkomendasikan oleh pihak legislatif tidak dapat dilakukan. Sebab nantinya dapat berpotensi menimbulkan konflik baru.

“Semuanya sudah berjalan sesuai aturan yang ada. Kalau pelantikan Kepala Desa itu ditunda, malah akan berpotensi menimbulkan konflik baru,” tambah Dullah.

Adapun keputusan dari PPKD terkait hal ini, akan dituang secara tertulis yang ditandatangani langsung oleh Bupati, dan akan ditembuskan ke pihak legislatif. Nantinya jika masih terdapat pihak-pihak yang merasa keberatan atas proses maupun hasil Pilkades yang telah ditetapkan. Para penggugat berhak untuk menempuh jalur peradilan.

“Silakan nanti yang masih keberatan menempuh jalur peradilan PTUN. Jika merasa ada yang dianggap melakukan perbuatan melawan hukum, silakan gugat dan laporkan ke lembaga hukum,” tandas Dullah.

Novan Alqadri

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed