oleh

Karang Taruna Seluma Semarakan “Ghindu Budaya” Jilid II

RbtvCamkoha – Perlombaan pagelaran seni “Ghindu Budaya” atau dalam bahasa Indonesianya berarti rindu budaya jilid II kembali digelar di Gedung Kesenian Daerah Kabupaten Seluma Taman Wisata Kota Tais.

Kegiatan pentas seni yang kental dengan budaya Suku Serawai ini, digelar mulai Rabu (4/8) dari pagi pukul 08.30 WIB hingga malam hari pukul 21.00 WIB.

Kegiatan ini terselenggara atas kreativitas Karang Taruna Kabupaten Seluma, dengan Pemkab Seluma, dan seluruh stakeholder, serta melibatkan juri dari tokoh guru dan Badan Musyawarah Adat (BMA) Kabupaten Seluma.

Berbeda dengan tahun sebelumnya yang dibuka secara umum, CEO Panitia Yuresta Eko Putra mengatakan, kegiatan yang dilombakan ini meliputi seni tari rendai, tari manjo-manjo, berejung, dan mencak, yang tahun ini difokuskan untuk kalangan anak-anak dari sejumlah perwakilan sekolah.

“Iya tahun ini kegiatan ghindu budaya Jilid II tidak terbuka untuk umum seperti tahun lalu, tapi kita khususkan untuk kalangan anak-anak yang diikuti perwakilan dari 11 peserta dari sejumlah sekolah,” terang Yuresta.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Kabupaten Seluma Samsul Azwajar mengatakan kegiatan yang bertema menciptakan regenerasi cinta budaya ini, betujuan untuk menjalin silaturahmi menuju seluma berbudaya, serta sebagai wujud upaya pelestarian seni budaya di Bumi Serawai Serasan Seijoan Kabupaten Seluma.

“Ini salah satu upaya kita melestarikan seni dan budaya yang kita miliki, agar kedepan tidak punah termakan zaman,” tutur Samsul Azwajar.

Dalam kesempatan ini, Bupati Seluma Erwin Octavian usai memberikan sambutannya, bersempatan menyanyikan lagu ciptaannya sendiri yang berjudul “Sera dan Joan”, yang merupakan makna dari singkatan motto Kabupaten Seluma Serasan dan Seijoan.

SAKSIKAN SELENGKAPNYA DI LAPORAN DAERAH RBTV

(Hari Adiyono)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed